Rabu, 20 Maret 2019

Masalah Pendengaran BIsa Pengaruhi Tumbuh Kembang Anak

Sun, 14 Oct 2018 - 07:12 WIB


 Foto: suaramerdeka.com/Puthut Ami Luhur


SEMARANG, suaramerdeka.com – Masalah pendengaran bisa memengaruhi kehidupan seseorang, contohnya jika ada bayi baru lahir mempunyai masalah pendengaran maka akan memengaruhi tumbuh kembang selanjutnya. Dia tidak akan bisa mendengar, salam, sapa, perintah dan mengenai lingkungan sekitar.
Demikian pula jika terjadi pada orang dewasa, akan memengaruhi kepercayaan diri dan kualitas hidupnya serta berdampak pada pekerjaannya. Sebagai rumah sakit yang sangat memberi perhatian pada masalah pendengaran, RS Columbia Asia (RSCA) menggelar seminar kepada dokter “Hear the Future,” Sabtu (13/10).
General Manager RSCA Semarang dr Siska Sindhuatmaja MM menyatakan, pihaknya memperkenalkan fasilitas hearing center yang ada di rumah sakit tersebut. RSCA Semarang menurutnya, mempunyai peralatan diagnostik yang lengkap, mulai dari pemeriksaan OAE, ASF, Hera, audiometer dan berikut pemasangan implant koklea di mana termasuk alat bantu dengar.
“Selama ini diketahui RSUP Kariadi yang mempunyai fasilitasi ini. Jika di di sana mungkin antriannya banyak, bisa dirujukkan kepada rumah sakit kami dan sudah bisa melayani pasien BPJS Kesehatan dan Inhealt Mandiri,” kata Siska di sela-sela kegiatan di Hotel Ciputra Semarang.
Masalah pendengaran ini menurutnya, sebaiknya dideteksi sedini mungkin, khususnya untuk bayi dan anak-anak. Setiap bayi yang lahir di rumah sakit tersebut sambungnya, disupport dengan melakukan tes pendengaran dengan OAE.
“Kami hadirkan semua dokter berpengalaman di bidang pendengaran dari RSCA, dr Zulfikar Natali Sp THT-KL (K) Msi Med FICS, dr Yanuar Imam Santosa Sp THT KL, dr Galuh Ramaningrum Sp A. Kami menghimbau kepada orang tua, jika terjadi keterlambatan pertumbuhan dan perkembangan anak, jangan ragu-ragu diperiksakan ke klinik atau dokter keluarga,” tuturnya.
Pembicara yang dihadirkan oleh RSCA berbicara mengenai bagaimana pentingnya interaksi dalam tumbuh kembang anak kemudian apa pentingnya deteksi dini gangguan pendengaran pada anak dan dewasa dan yang terakhir bagaimana pemilihan pemeriksaan penunjang untuk evaluasi fungsi terapi pendengaran untuk dokter umum.

(Puthut Ami Luhur/CN39/SM Network) 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar